Kamis, 25 Juni 2015

Makanan Pokok Pengganti nasi

Nasi merupakan makanan yang hampir selalu terhidang di piring saat santap makan. Namun ternyata ada makanan selain nasi yang bisa dikonsumsi sebagai alternatif pengganti nasi. Ada masyarakat tertentu yang mengkonsumsi selain nasi sebagai makanan utama seperti; jagng, singkong, sagu dan lain-lain. Asupan zat gizi yang diperoleh sama bahkan bisa jadi lebih baik daripada nasi.

Berikut ini merupakan jenis makanan sumber karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi:

- Jagung
Jagung sebagai sumber karbohidrat yang kaya antioksidan. Jagung juga mengandung asam folat dan serat yang baik untuk tubuh. Selain mengandung vitamin B, serat, dan mineral, pigmennya bagus untuk mata dan paru-paru. Dianjurkan memilih jagung organik untuk menghindari kontaminasi pestisida. Jagung yang dikonsumsi sebagai makanan pokok biasanya jagung putih atau kuning, dan bukan jagung manis. Jagung yang telah tua dan kering, diolah menjadi nasi jagung.

- Singkong
Sebagai bahan makanan pokok, singkong/ubi kayu biasanya diolah menjadi gaplek atau nasi tiwul.

- Ubi jalar
Ubi merupakan akar tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat. Jenis ubi yang biasa ditemukan adalah ubi oranye dan ubi ungu. Ubi orange mengandung beta karoten yang akan menjadi vitamin A dan dapat mencegah kanker. Sementara ubi ungu baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memiliki kandungan antioksidan.

Untuk memenuhi kebutuhan kalori per hari ubi jalar harus dimakan lebih banyak, karena kandungan karbohidratnya lebih rendah dibandingkan dengan nasi (hanya 27.9 gram per 100 gram ubi).

- Kentang
Kentang mengandung karbohidrat dengan kalori yang lebih rendah sehingga biasa digunakan untuk program diet. Kentang mengandung pati resisten yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga akan lama dicerna dan diserap dan memicu tubuh untuk membakar lebih banyak lemak. Kentang juga mengandung vitamin C, B, zat besi, kalium, kalsium, dan serat.

- Talas
Talas mengandung Karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Zat karbohidrat yang terdapat pada talas merupakan pati yang memiliki nilai hingga 80% sehingga mudah sekali dicerna oleh tubuh.
Umbi ini banyak digunakan di Irian Jaya dan Maluku sebagai makanan utama. Ada beberapa jenis talas yang lazim ditanam di Indonesia : talas bote, talas bogor (talas bentul), talas garbu yang besar umbinya, talas lumbu yang daunnya enak disayur dan tidak gatal, talas kimpul yang umbinya agak gatal tetapi enak dimakan, dan talas sente yang gatal dan tidak lazim dimakan.

- Sagu
Tepung sagu ini diperoleh dari batang sagu yang masih satu family dengan tanaman kelapa. Sagu merupakan makanan pokok di daerah Irian dan Maluku serta banyak terdapat di daerah Indonesia Timur lainnya. Bentuk sagu seperti bubuk yang kemudian akan diolah menjadi bentuk seperti bubur yang lengket yang disebut papeda yang biasa disantap dengan ikan kuah kuning.

- Pisang
Pisang merupakan makanan utama di Kalimantan dan Sulawesi. Biasanya yang digunakan adalah pisang mentah yang sudah tua sehingga rasanya kenyal. Pisang yang digunakan sebagai makanan pokok di antaranya pisang tanduk, pisang kapok kuning, pisang kapok putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar