Kamis, 25 Juni 2015

Manfaat Beras Merah

Dibandingkan beras putih, beras merah memiliki kandungan manfaat lebih banyak. Meski sedikit mahal, keuntungan yang di dapat bagi kesehatan sangat sebanding dengan harganya. Beras merah mempunyai kandungan vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Sebagaimana diketahui, vitamin B merupakan kunci untuk pembentukan energi bagi tubuh manusia. Serat beras merah lebih tinggi daripada beras putih. Serta berfungsi untuk mengganggu penyerapan gula dalam karbohidrat, serta mengganggu penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan.

Beras Merah (Oryza nivara) adalah salah satu varietas beras  yang memiliki tekstur kesat, pera dan tidak pulen. Kondisi ini membuat beras merah kurang diminati. Padahal dari sisi nutrisi, beras merah sangat bergizi dan baik untuk kesehatan tubuh. kandungan karbohidrat sebagai komponen nutrisi utama, beras merah lebih rendah dibandingkan beras putih. Sekitar 1 cangkir beras merah terdiri atas 88 persen mangan, 27,3 persen selenium, 20,9 persen magnesium, 18,7 persen triptofan dan kalori hanya 12 persen kalori. Proses perubahan beras dari merah menjadi putih menghancurkan sekitar 60 persen zat besi, 80 persen vitamin B1, 67 persen vitamin B3, 90 persen vitamin B6, 60 persen dari besi dan hampir setengah fosfor, mangan dan serat makanan alami yang ada dalam beras.

Beras merah bisa dikatakan lebih sehat karena proses penyulingan yang dilewatinya hanya menghapus kulit dari biji beras, sehingga nutrisinya tetap utuh. Di sisi lain, beras putih mengalami proses penggilingan dan penggosokan, sehingga beberapa nutrisinya hilang.

Berikut beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan:

 Kaya akan serat
Beras merah, brown rice atau beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi. Lain halnya dengan beras putih yang hanya mengandung karbohidrat sederhana, beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan.

 Mengontrol kadar gula darah
 Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat. Dengan indeks glikemik yang rendah, beras merah mempunyai andil dalam mengatur kadar gula darah dan juga produksi insulin. Selain itu, beras merah adalah sumber energi baik yang diperlukan tubuh.

 Kaya vitamin B6
 Satu porsi beras merah memiliki 23 persen vitamin B6. Beras ini membantu dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Bahkan, beras merah membantu dalam fungsi yang tepat dari organ-organ dalam tubuh.

 Menolong penderita asma
 Beras merah kaya akan magnesium yang membantu mengatur pernapasan tubuh. Asupan nasi merah teratur membantu mencegah masalah asma.

 Membantu Kelancaran Fungsi Usus
 Serat larut yang banyak terkandung dalam nasi merah dapat membantu menyehatkan fungsi  pencernaan secara normal dan mencegah masalah sembelit.

 Menyehatkan Rambut dan Kulit
 Satu cangkir beras merah memiliki sekitar 1,2 mg seng. Zinc (seng) yang dapat meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan mencegah masalah jerawat. Zinc juga berguna untuk menyembuhkan luka.

 Baik untuk kesehatan tulang dan gigi
 Nasi merah merupakan makanan yang kaya akan magnesium, mineral yang membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi peradangan sendi. Mengonsumsi nasi merah setidaknya 2 kali dalam seminggu dapat memenuhi kebutuhan magnesium Anda dan membantu mencegah penyakit arthritis, serta penyakit sejenis lainnya.

 Mengurangi risiko obesitas
 Beras merah mengurangi dorongan untuk makan. Beras merah dapat membantu untuk memberikan energi pada tubuh dan membuat Anda merasa kenyang sepanjang waktu. Jika dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan risiko kegemukan dan baik untuk pencernaan.

 Membuat lebih cepat kenyang
 Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Nutrition menemukan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti oatmeal, beras merah dan kentang, akan membuat anda lebih cepat kenyang sampai berjam-jam dan makan tidak lebih dari 320 kalori perhari.

  Mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas
  Beras merah merupakan sumber yang baik untuk zat besi atau mangan. Mangan, yang berperan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh merupakan komponen penting dari enzim dan merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang umumnya terbentuk saat energi diproduksi. Selain itu, beras merah kaya akan zinc, mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Sama halnya dengan zat besi atau mangan, zinc juga kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh. Konsumsi beras merah secara teratur mengurangi munculnya keriput pada kulit. Sehingga Anda bisa tampak awet muda. Serta berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 Mengandung Vitamin B6

 Dengan mengonsumsi satu porsi nasi merah saja, dapat memenuhi 23 persen dari vitamin B6, jumlah yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan membantu produksi sel-sel DNA.

 Menjaga kesehatan saluran pencernaan

 Manfaat beras merah untuk kesehatan pencernaan ini karena dalam beras merah mengandung banyak serat sehingga sangat bagus untuk kesehatan pencernaan anda.

 Menurunkan kolesterol

 Beras merah memiliki bagian dedak, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Minyak dedak ditemukan dalam beras merah yang pada gilirannya membantu mencegah risiko penyakit jantung. Konsumsi beras merah minimal seminggu sekali untuk dapatkan manfaatnya. Nasi merah diketahui dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Nasi merah juga dapat membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar